Parlementaria

Ricky Kurniawan : Lingkungan Hidup Perlu Dilestarikan

Kab Bogor.Swara Jabbar Com.-Banjir bandang hingga tanah longsor melanda 2 kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar). Ratusan warga terdampak hingga puluhan kambing hanyut akibat bencana ini Kecamatan Pamijahan beberapa waktu lalu.

Bencana banjir dan tanah longsor melanda Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor . Banjir dan tanah longsor diakibatkan tingginya intensitas hujan dan meluapnya aliran sungai di desa tersebut.Hal ini dikatakan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jawa Barat H. Ricky Kurniawan, Lc

Lebih jauh legislator asal dapil VI (Kabupaten Bogor) menuturkan “Dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya aliran sungai dan anak kali sungai di Desa Cibunian mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah,” ujarnya.

Wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor adalah Kampung Pondok Gombong, Kampung Muara, Kampung Cimanggu, Kampung Bandara Jaya, Kampung Bajakan, dan Kampung Rawa.

Insiden ini juga menelan korban jiwa , merusak sejumlah fasilitas umum seperti jembatan, akses jalan, kolam ikan serta ternak warga. Dengan adanya bencana Banjir Bandang di Kabupaten Bogor, Ricky Kurniawan turut belasungkawa adanya korban jiwa semoga keluarga diberi ketabahan serta masyarakat yang terdampak banjir bandang tabah dan tawakal kepada Allah SWT ujar Ricky.

Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat pungkasnya.

Kita ketahui, penyebab terjadinya banjir bandang umumnya hampir mirip dengan penyebab dari banjir yang biasa terjadi ketika curah hujan tinggi. Memang banjir sendiri cukup menjadi masalah yang masih menghantui Indonesia. Beberapa kali kejadian banjir bandang bahkan merenggut nyawa masyarakat yang terdampak. Salah satu penyebab terjadinya banjir bandang adanya penebangan pohon secara liar.

Banjir merupakan kondisi ketika curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan meluapnya air dan kondisi tanah atau daratan tidak dapat menyerap air dengan baik kedalam tanah atau adanya hambatan pada aliran sungai, seperti hambatan karena adanya sampah dan berbagai hal lainnya.

Tentu penyebab terjadinya banjir bandang ini semakin mungkin terjadi mengingat masih banyaknya kebiasaan buruk dalam membuang sampah ke sungai tersebut atau membangun bangunan di bantaran sungai. Maka dari itu,ada baiknya seluruh lapisan masyarakat memperhatikan perihal penyebab terjadinya banjir bandang ini, agar tidak terulang lagi di masa yang akan datang pungkasnya.(AP)