Pendidikan

Sandy Kristian Waluyo Siswa SMA BPK Penabur Cirebon Meraih Prestasi Internasional.

Cirebon.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Ada sebuah pepatah 努力奋斗,年轻有为,为晚年成功铺平道路,优秀的孩子提高父母的学历和尊严
Nǔlì fèndòu, niánqīng yǒu wéi, wèi wǎnnián cheng gōng pū píng dàolù, yōuxiù de háizi tígāo fùmǔ de xuélì hé zūnyán artinya Bekerja keras dan berprestasi di usia tua, membuka jalan mendapat emas kesuksessan di usia tua, anak yang berprestasi mengangkat derajat orang tua.
Sandy Kristian Waluyo siswa Kelas 12 SMA BPK Penabur Cirebon meraih medali Perunggu International Mathematical Olympiad (IMO) 2022 yang ke 63 di Oslo Norwegia tgl 6-16 Juli 2022. Waktu lomba International Mathematical Olympiad (IMO) di Oslo Norwegia Sandy baru kelas 11 sekarang kelas 12 di SMA BPK Penabur Cirebon. Sandy Kristian Waluyo adalah Anak pertama dari Yadi Waluyo dan Yeni Husadawati.
Sandy Kristian Waluyo merupakan Cucu dari Foe Tjauw Lim (Tjandra Husada) dan Lie Shu Lin. (Lily Susanti). Sandy juga cucu dari Suroto Waluyo dan Ida Mulyati.
Dalam kompetisi IMO tersebut diselenggarakan selama dua hari, para peserta diminta untuk mengerjakan enam soal matematika yang masing-masing terdiri dari tiga soal per hari dan harus dikerjakan dalam waktu 4,5 jam yang meliputi empat bidang, yaitu: aljabar, kombinatorika, geometri, dan teori bilangan.

Semua soal yang diberikan adalah soal-soal orisinal. Itu artinya, tipe soal tersebut belum pernah dikerjakan oleh siswa sebelumnya. Sehingga, untuk mengerjakan soal tersebut, para peserta dituntut untuk memiliki kecepatan dalam berpikir, ketenangan mental, serta kreativitas yang tinggi.tak jarang para matematikawan profesional pun merasa kesulitan untuk mengerjakan soal-soal IMO dalam rentang waktu yang diberikan penyelenggara. Para peserta IMO ini, sebagaimana telah terbukti sebelumnya, di masa datang akan menjadi para ilmuwan, matematikawan, insinyur, dan ekonom yang memberikan kontribusi besar bagi kemajuan ilmu dan teknologi.
Sandy Kristian Waluyo tergabung dalam Tim Olimpiade Matematika Indonesia yang tampil bersinar dalam perhelatan International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 di Oslo, Norwegia setelah berhasil mendapatkan satu medali perak, empat medali perunggu, dan satu honourable mention. Adapun IMO merupakan olimpiade sains pertama kali diadakan pada 1959. Sejak saat itu, IMO ditetapkan sebagai acara tahunan dan masih menjadi olimpiade sains tertua dan terbesar di dunia. Pada tahun ini diikuti 598 siswa dari 104 negara. Sandy Kristian Waluyo meraih medali perunggu dalam International Mathematical Olympiad (IMO) yang ke 63 di Oslo Norwegia.
“Prestasi anak saya Sandy Kristian Waluyo anugrah Tuhan dan bimbingan dari Para Guru BPK Penabur Cirebon” kata Yeni Husadawati orang tua Sandy Kristian Waluyo.
Selamat Sandy kejar terus Sandy kami bangga perjuanganmu.