Parlementaria

Penyuluh Kehutanan Memiliki Peran Penting.

Garut.Swara Jabbar Com..-Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Kehutanan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Kabupaten Garut dalam rangka evaluasi program dan kegiatan APBD Tahun Anggaran 2022 beberapa waktu lalu.Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Provinsi Jawa Barat merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Wakil Ketua Komisi II Lina Ruslinawati menuturkan dalam kunjungan kerja ke Cabang Dinas Kehutan Wilayah V Kabupaten Garut menilai ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan diantaranya mengenai struktural yang belum ditetapkan juga selain itu dari segi anggaran masih kurangnya jumlah penyuluh , dimana Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.ucap Lina

Lebih lanjut, Politisi Perempuan Partai Gerindra mengatakan bahwa penyuluh kehutanan memiliki dua fungsi utama dalam menjaga kelestarian hutan..Tugas pokok dan fungsi penyuluh kehutanan, yaitu memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang lingkungan hidup, pentingnya hutan, dan lainnya. Kedua juga memberikan pendampingan pada masyarakat.

Kehadiran penyuluh kehutanan, lanjut Lina , sangat dibutuhkan. “Semakin banyak penyuluh semakin cepat apa yang diharapkan tentang fungsi hutan yang ada di Jawa Barat, ucap Lina

Fungsi penyuluh kehutanan yang tergolong strategis itu akan berdampak langsung pada kelestarian hutan. Apalagi, total luas kawasan hutan di Jabar mencapai 816.603 hektare atau 22,01 persen dari total luas wilayah Jabar. Data tersebut berdasarkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 195/KPTS-II/2003.
Untuk itu, Lina berharap kepada masyarakat Jabar agar menjaga hutan dengan baik untuk kelestarian hidup. Maka itu, jaga lingkungan hidup pungkasnya.(AP)