Ragam

Neneng Owner Banana Crispy B& Jo Lembang

Bandung Barat.Swara Jabbar Com.-生活中不是所有的路都是平坦的,有颠簸的路,有滑的路,有陡峭的路,还有在生活的海洋里,海面并不总是平静的,有生活的大浪,驾驭生活的波澜,站在生命的波涛上,把生命的波涛当作推动生命之舟驶向幸福生活岛的手段,希望,祈求上帝的带领,在生活中依靠上帝

Shēnghuó zhōng bùshì suǒyǒu de lù dōu shì píngtǎn de, yǒu diānbǒ de lù, yǒu huá de lù, yǒu dǒuqiào de lù, hái yǒu zài shēnghuó dì hǎiyáng lǐ, hǎimiàn bìng bù zǒng shì píngjìng de, yǒu shēnghuó de dàlàng, jiàyù shēnghuó de bōlán, zhàn zài shēngmìng de bōtāo shàng, bǎ shēngmìng de bōtāo dàng zuò tuīdòng shēngmìng zhī zhōu shǐ xiàng xìngfú shēnghuó dǎo de shǒuduàn, xīwàng, qíqiú shàngdì de dàilǐng, zài shēnghuó zhōng yīkào shàngdì artinya Dalam kehidupan tidak semua jalan itu rata, ada jalan yang bergelombang, ada jalan licin, ada jalan terjal, begitu juga dalam lautan kehidupan, tidak selamanya air laut itu tenang ada ombak kehidupan yang besar, kendalikan ombak kehidupan, berdiri di atas ombak kehidupan, jadikan ombak ombak kehidupan sebagai alat pendorong perahu kehidupan menuju pulau kehidupan yang bahagia, berharap, berdoa minta pimpinan Tuhan dan mengandalkan Tuhan dalam kehidupan.

Jika kita wisata ke Lembang Bandung Jawa Barat, kita kunjungi Floating Market Lembang dan Tahu Susu di Lembang, disana ada stand Banana Crispy B & Jo yang menjual Banana Crispy dan Bolen berbahan dasar Pisang Raja Bulu. Bersama Agus Sugiono Gojali (Ono) pengusaha dari Cirebon dan bersama istri saya Julia Christiani Utami berkunjung ke Stand Banana Crispy di Tahu Susu Lembang kebetulan Neneng Pemilik Banana Crispy Lembang adalah kawan sekolah Agus Sugiono Gojali di Santa Maria Cirebon. Kami disajikan Banana Crispy produksi Neneng. Rasa Banans Crispy produksi Neneng lezat, enak sekali dan crispy rasanya.

Tahun 2013 Neneng dan Iyus bertemu dengan Pak Peri Owner dari Floating Market Lembang, kemudian Pak Peri memberikan tempat di Floating Market Lembang, Neneng bersama suaminya memulai usahanya produksi Banana Cake di Floating Market Lembang. Banana Cake adalah bolu dari pisang yang dibentuk dengan cetakan yang berbentuk pisang, dilapisi coklat aneka rasa yang di cairkan. Tetapi sayang, ternyata jualan Banana Cake hanya bertahan 3 tahun, kemudian Pak Peri sebagai owner Floating Market Lembang memberikan masukan nasehat untuk mencoba adanya inovasi produk lagi.

“Pak Peri Owner Floating Market berjasa dalam kehidupan bisnis dan keluarga saya, Pak Peri mentor, dan motivator saya dalam berbisnis, Apapun yang Pak Peri katakan, selalu saya ikuti. Beliau memberikan tempat untuk saya berbisnis di Floating Market dan di tempat tempat wisata milik beliau, dan waktu awal bisnis yaitu memproduksi Banana Cake stagnan kurang berjalan, beliau meminta saya dan menasehati saya untuk berinovasi dalam memproduksi bolu, Pas waktu itu saya lagi mencoba produk baru, esoknya produk baru itu langsung saya bawa ke kantor manajemen Floating Market Lembang. Saat itu kebetulan ada Pak Peri dan bu Ellen istrinya ada di sana kemudian mereka langsung mencoba mencicipi.

Saya terkejut respon mereka bagus. Dan Pak Peri langsung berkata.:”naah ini, Produk bagus. Pasti meledak. Besok harus langsung di pasarkan, besok harus langsung jualan”kata Pak Peri. Jujur waktu itu sempat terkejut juga. Waduh…. Saya bingung seketika. Besok harus langsung jualan, bagaimana ini? Belum siap apa apa. Tetapi saya memiliki tekad, maju jalan saja, urusan yang lain lain nanti sembari jalan. Langsung saat itu saya memulai produksi Banana Crispy yang berbahan dasar Pisang Raja Bulu.

Besoknya langsung saya pasarkan, langsung saya jualan. Semuanya serba baru, dan saya yang membuat kuenya. Karena kuenya masih dibilang produk baru, jadi penjualan hari pertama masih percobaan seiring sejalannya waktu…pengunjung tempat wisata mulai mengenal Banana Crispy, penjualannya mulai naik. Pak Peri mulai melihat peluang baru. Kemudian saya diberi tempat lagi di tahu Susu Lembang. Pak Peri dengan yakinnya berkata Pasti meledak. Saya ikuti apa yang Pak Peri Katakan. Saya mulai jualan di Tahu Sysu Lembang. Prediksi Pak Peri benar adanya. Banaba Crispy Saya meledak luar biasa. Pengunjung menyukainya, kenapa? Karena enak, fresh From the Oven, jadi saya membuat Banana Crispy di setiap tempat itu langsung di tempat, fresh semuanya.” Kata Neneng menceritakan awal mula bisnisnya.

Kehidupan itu ibarat samudra luas, pasti selalu ada kendala masalah dalam kehidupan, pasti ada kendala masalah dalam berbisnis, ketika di tanya kendala masalah dan kiat mengatasinya. Neneng menceritakan cara mengatasinya:” Jika di tanya kendala masalah apa dalam bisnis Banana Crispy, Kendala masalah yang saya alami selama ini banyak. Tetapi saya terus belajar mengatasi dan meminimalkan kendala kendala yang ada. Contoh Bahan baku utama banana Crispy adalah Pisang raja bulu. Tadinya Vendor pemasok yang mensuplai dan mengirimkan pisang raja bulu itu hanya satu orang, Dikala satu orang itu habis stock pisangnya. Repotlah saya. Jadi saya cari lagi Vendor Pemasok yang mensuplai Pisang Raja Bulu. Dari banyak kendala masalah yang ada, saya terus belajar mengatasinya”. Kata Neneng menjelaskan cara mengatasi kendala.

(Jeremy Huang Wijaya)