Pemerintahan

ROAD TO WEST JAVA FESTIVAL 2023 Kemajuan Teknologi, Perlu Perhatikan Kultur Masyarakat Jawa Barat

Bandung.Swara Jabbar Com.-Dinas Komunikasi Informatika kembali menggelar IKP Talks kali ini dengan tema “Literasi Digital, Peluang dan Tantangan bagi Kultur Masyarakat Jawa Barat.”

IKP Talks merupakan bagian Festival Literasi Digital dalam rangka Road to Java Festival 2023.

IKP Talks kali ini juga diisi pengukuhan Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) dan Launching Aplikasi “Public” Klik layar touchscreen pada LED, serta Launching Program Roadshow Jabar makin Cakap Digitial dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

IKP Talks dihadiri peserta dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), kepala KPU se-Jawa Barat, mahasiswa dan komunitas pegiat literasi digital.

Dalam rangkain kegiatan tersebut dilakukan Deklarasi Penandatanganan Komitmen Akur Sauyunan Babarengan menolak hoaks dalam pemilu serentak 2024 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat dan seluruh KPU kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Hubungan Masyarakat KPU Jawa Barat Reza Alwan Sovnidar, memberikan apresiasi yang tinggi karena dapat bertemu langsung dengan simpul-simpul masyarakat.

“Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi khususnya di Jawa Barat, sehingga bagi KPU tidak akan melewatkan satu pun warga Jawa Barat untuk tidak berkontribusi di dalam pesta demokrasi,” ujar Reza, dalam Road to Java Festival 2023, di Gedung Sate, Sabtu (8/10/2022)

“Forum ini sangat strategis untuk bersilaturahmi dan bermitra, sehingga pemilu serentak nanti di 2024 terselenggara dengan akur sauyunan babarengan (damai, rukun, kebersamaan),” katanya.

Acara IKP Talks dibuka langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah.

Dalam sambutannya Ika menyampaikan bahwa di era digitalisasi hari ini arus distribusi informasi di media sosial mengalir begitu deras, cepat, dan masif.

“Selain berdampak positif, keberadaan media sosial saat ini juga kerap dijadikan alat oleh sekelompok pihak untuk menyebarkan narasi-narasi hoaks yang mengganggu kerukunan masyarakat,” katanya.

Menurut Ika, di samping berita palsu atau hoaks, ruang-ruang kanal media sosial saat ini pun tak luput dari terpaan beragam konten negatif.

“Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan kultur masyarakat Jawa Barat yang dikenal ramah dan santun,” ujarnya.

Ika juga mengapresiasi ikhtiar dari jajaran KPU kabupaten dan kota se-Jawa Barat yang siap berkolaborasi dalam upaya penanggulangan hoaks, guna mewujudkan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 yang sehat dan demokratis.

Dalam kegiatan IKP Talks Festival Literasi Digital tersebut, hadir sebagai keynote speech Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden.

Angkie menyampaikan bahwa salah satu pilar pembangunan bangsa salah satu dengan cara mengembangkan sumber daya manusia digital melaui upaya percepatan transformasi digital yang perlu diiringi dengan peningkatan literasi digital agar internet dan arus informasi banyak digunakan untuk hal-hal yang edukatif dan produktif.

“Indonesia saat ini memasuki bonus demografi, 50 persen penduduk Indonesia berusia 10 sampai 40 tahun yang merupakan rentang zelenial, generasi yang sudah cakap digital dan tersentuh oleh teknologi,” tuturnya.

Angkie menegaskan, penguasaan teknologi mutlak dibutuhkan dalam menghadapi berbagai disrupsi. Tantangan ke depan yang dibutuhkan adalah kemampuan adaptasi, kreativitas, dan kritis terhadap pemanfaatan teknologi.

Menurutnya, perkembangan teknologi sejatinya dapat meningkatkan produktivitas, namun bila tidak disertai dengan kemampuan berpikir kritis, papar teknologi berdampak negatif, seperti banyak terjadi maraknya berita bohong atau hoaks serta etika digital yang jauh dari nilai-nilai kebangsaan.

“Sehingga (kita) perlu meningkatkan literasi digital masyarakat, termasuk kelompok rentan: disabilitas, perempuan, anak dan lansia,” jelas Angkie.

Angkie berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pilar utama literasi digital yang mengutamakan adab dan budaya, keamanan siber, dan etika dalam berinteraksi di sosial media.

Dalam sesi Talk Show, hadir selaku narasumber Bonifasius Wahyu Pudjianto, Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang menyampaikan perihal percepatan transformasi digital di Indonesia yang bahkan roadmap-nya sudah dibuat dalam short term, medium, dan long term.

“Memang kemajuan teknologi untuk mendongkrak ekonomi, namun yang perlu memperhatikan kultur atau budaya setempat,” kata Boni.

“Kearifan lokal tidak boleh hilang, dengan adanya internet justru kita dapat mengangkat keunikan Jawa Barat lewat pemanfaatan teknologi, dan kearifan ini perlu dijaga menjadi ujung tombak,” tambah Boni.

Bonifasius juga menyampaikan tantang dan peluang digital ke depan terkait dengan potensi sumber daya manusia yang perlu dipersiapkan dengan baik, yang perlu diisi dengan hal-hal postif.

Sementara itu Muh Nur Fajar Muharrom selaku narasumber dari Relawan TIK Jawa Barat menyampaikan tentang pentingnya menjaga keamanan data pribadi dari bahaya internet dan ancaman data pribadi.

Menurut Fajar, kecakapan dan keterampilan dalam melindungi data pribadi seperti tidak sembarang mem-posting identitas diri di media sosial, memasang fitur pengaman, waspada dengan berbagi link yang tidak jelas, atau mengganti password secara berkala.

Sedangkan Alfianto Yustinova Ketua Jabar Saber Hoaks (JSH) menyampaikan latar belakang dibentuknya Jabar Saber Hoaks untuk membentengi masyarakat dari serangan-serangan informasi yang menyesatkan.

“Tugas utama Jabar Saber Hoaks adalah memantau dan menerima aduan dari masyarakat, melakukan pemeriksaan fakta, klarifikasi yang disampaikan di kanal media sosial, serta melakukan edukasi literasi digital,” katanya.(die)