Legislator PKS Hj.Sari Sundari Mendorong Gapoktan Dalam Pengembangan Usaha

Kab Bandung.Swara Wanita Net.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan II Kabupaten Bandung Hj.Sari Sundari, Sos.MM .Melaksanakan Reses I Tahun Sidang 2022-2023 di LPM Gapokan Subur Mukti Kampung Palasari Desa Cikalong Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Selasa (8/11/2022).

Legislator PKS Hj.Sari Sundari melaksanakan Reses ini sebagai upaya untuk menampung aspirasi dan keluhan dari masyarakat di dapilnya supaya nantinya bisa langsung ditindaklanjuti oleh Pemerintah.Dalam reses ini Hj Sari Sundari melakukan sosialisasi terkait kinerja serta sosialisasi tentang tugas pokok dan fungsi anggota dewan.

Sosok Perempuan yang selalu peduli akan keluh kesah Para Petani di Kabupaten Bandung, Saat reses Hj.Sari Sudari mendatangi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Gapokan Subur Mukti yang bertujuan untuk menampung Aspirasi Para Petani.

Lebih jauh, Hj.Sari menuturkan Gapoktan adalah kumpulan beberapa kelompok tani yang bergabung dan bekerja sama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha.

Kita ketahui, Peran Gapoktan sebagai perantara pemenuhan kebutuhan modal usahatani anggota. tani dengan nilai jual yang memberikan keuntungan kepada petani, Kata kunci: sosial, ekonomi, pekerja, produktifitas ujar Hj.Sari

Hj.Sari menilai Gapoktan ini Menyelenggarakan perdagangan, memasarkan/menjual produk petani kepada pedagang/industri hilir; Pengembangan kelompok tani diarahkan pada peningkatan kemampuan setiap kelompok tani dalam melaksanakan fungsinya, peningkatan kemampuan para anggota dalam mengembangkan agribisnis, penguatan kelompok tani menjadi organisasi petani yang kuat dan mandiri.

Kelompok tani yang tergabung dalam GAPOKTAN harus kuat dan mandiri, dicirikan antara ain : Adanya pertemuan /rapat anggota/rapat pengurus yang diselenggarakan secara berkala dan berkesinambungan tuturnya.

Kedepan Keberadaan Gapoktan di Kabupaten Bandung, khususnya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Gapokan Subur Mukti lebih maju lagi dan mendorong Gapoktan dalam pengembangan usaha, kita memandang sektor pertanian ini memiliki peran penting dalam menunjang perekonomian, akan tetapi nasib petani belum sejahtera, dan dorongan dari Pemerintah untuk memberikan subsidi pupuk.

Seperti dari kelompok tani yang menginginkan pemerintah turut andil dalam memberikan hasil panen yang layak, karena para petani maunya menanam dengan mudah, produksi tidak mahal. Namun mendapatkan hasil panen yang mahal atau layak untuk mereka.

Sari memaparkan “PKS, mulai pusat hingga daerah punya perhatian khusus pada petani dan nelayan. Kami punya Bidang Tani dan Nelayan yang fokus memikirkan berbagai program untuk kesejahteraan para petani dan nelayan di negeri ini,” PKS sangat berkidmat dengan Rakyat Pungkasnya.(die)


Notice: compact(): Undefined variable: limits in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Notice: compact(): Undefined variable: groupby in /home/swarajab/domains/swarajabbarnews.com/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 853

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.