Pemerintahan

Antisipasi PMK , PMI Kota Sukabumi Semprotkan Disinfektan

Sukabumi.Swara Jabbar Com.-Dalam upaya membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya dalam menjelang lebaran Idul Adha, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menggencarkan penyemprotan disinfektan.

Pencegahan dilakukan dengan penyemprotan di sejumlah lokasi dan fasilitas hewan ternak dengan menggunakan disinfektan yang ramah lingkungan.

Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo mengatakan, pencegahan penyebaran PMK dengan penyemprotan disinfektan ini sebagai tindaklanjut gerakan disinfeksi nasional yang digagas oleh kementrian pertanian (Kementan), BNPB dan PMI dalam upaya percepatan penanganan PMK. “Saat ini PMI Kota Sukabumi berupaya memaksimalkan keberadaannya dalam menjalankan mandat membantu pemerintah sebagai upaya dalam pencegahan dan penanganan PMK khususnya di Kota Sukabumi,” ujar Suranto

Suranto menambahkan, untuk teknis pelaksanaan di lapangan, pihaknya sudah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi. “Dengan adanya kolaborasi dengan berbagai dukungan semua pihak, sebagai upaya respon bersama dalam upaya pencegahan dan penanganan PMK saat ini terlebih di Kota Sukabumi,”kata Suranto

Menurut dia, selain melakukan pelayanan disinfeksi, pihaknya juga mengoptimal keberadaan para relawan siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) PMI yang tersebar di setiap wilayah kelurahan untuk aktip dalam deteksi dini dan pelaksanaan Surveilans Berbasis Masyarakat (SBM) dalam upaya deteksi dini kasus PMK saat ini. (*)