Pemerintahan

Surat Sehat Ternak , Antisipasi PMK

Majalengka.Swara Jabbar Com.-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Majalengka mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. Kedatangan hewan ternak dari luar daerah akan diperiksa kesehatannya.

“Rencana, kita lagi menyusun dengan Polres. Kita kerja sama ke sentra-sentra (hewan ternak) yang masuk ke Majalengka itu dilakukan check point dulu. Bilamana kondisi sapi itu sehat, boleh masuk Majalengka,” kata Kadis DKP3 Iman Firmansyah

Iman memastikan sejauh ini belum ada hewan ternak di Kabupaten Majalengka yang terjangkit PMK. Sehingga, kata dia, pihaknya kini tengah merancang tim satgas untuk mengantisipasi penyakit hewan tersebut.

“Majalengka sampai saat ini belum ada yang terpapar PMK. Kita juga sedang merancang tim kabupaten dengan pak bupati. Nanti kami bikin tim khusus, tim satgas PMK Majalengka,” ujar dia.

Meski tengah mempersiapkan tim satgas, kata Iman, DKP3 Majalengka sudah bergerak melakukan pemeriksaan ke setiap peternak dan pengusaha hewan ternak, khususnya sapi. “Kita sudah satu Minggu melakukan pemeriksaan, begitu ada surat edaran kita langsung bergerak,” ucap Iman.

“Kami memahami menjelang Hari Raya Idul Adha bagi para peternak merupakan momen mencari keuntungan. Tapi dengan kondisi ada penyakit, kita bukan mau menghalangi usaha mereka. Untuk yang masuk itu harus sapi yang sehat,” tutur Iman menambahkan. (*)