Parlementaria

Anggota DPRD Jabar Hj.Sundari Apresiasi Terselenggara Festival Tunas Bahasa (FTBI) Jawa Barat

Anggota Komisi V DPRD Jabar Fraksi PKS Hj.SariĀ  Sundari mengapresiasi terselenggranya Festival Tunas Bahasa IBU (FTBI) Jawa Barat Tahun 2022 yang berlangsung Kabupaten Pangandaran beberapa waktu lalu.
Kita ketahui, bahwa Sebanyak 5.585 orang hadir di Kabupaten Pangandaran untuk memeriahkan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jawa Barat (Jabar) tahun 2022, Rabu dan Kamis tanggal 30 November dan 1 Desember 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan program Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah (RBD) sebagai wujud implementasi program Merdeka Belajar Episode ke-17 .
FTBI 2022 tingkat Jawa Barat diikuti oleh 378 peserta jenjang SD dan 378 peserta jenjang SMP dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Para peserta ini merupakan tunas bahasa terbaik dari daerahnya masing-masing dan telah melalui proses seleksi yang panjang dari tingkat sekolah sampai kabupaten/kota
Ada tujuh materi yang dilombakan dalam FTBI 2022 ini, yaitu mendongeng, pidato, menulis puisi, tembang pupuh, membaca dan menulis aksara Sunda, menulis cerita pendek, danĀ  komedi tunggal (stand up comedy).
Dalam FTBI 2022, juara umum jenjang SD diraih oleh Kabupaten Sumedang dengan dua mata lomba sebagai pemenang pertama, satu mata lomba sebagai pemenang kedua, dan satu mata lomba sebagai pemenang harapan kedua. Sementara itu, juara umum jenjang SMP diraih oleh Kota Bandung dengan empat mata lomba sebagai pemenang pertama, dua mata lomba sebagai pemenang kedua, dan satu mata lomba sebagai pemenang. (AP)