Parlementaria

Elin Suharliah Mendorong Budaya Literasi di Masyarakat.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan Elin Suharliah terus mendorong pemerintah daerah (pemda) agar dapat meningkatkan budaya literasi di masyarakat. Salah satunya yaitu Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Perlu adanya sinergi lintas sektoral. Hal tersebut guna meningkatkan akses dan kualitas layanan sumber daya manusia sebagai dasar dalam upaya meningkatkan budaya literasi masyarakat khususnya di Provinsi Jabar.

Jabar memiliki program literasi unggulan yakni Kotak Literasi Cerdas (Kolacer) dan Maca Dina Digital Library (Candil). Melalui program unggulan itu diharapkan budaya literasi masyarakat di Jabar dapat semakin meningkat.kata Elin Suharliah

Legislator PDI Perjuangan Dapil Jabar III (Kabupaten Bandung Barat) Elin Suharliah menuturkan Selain itu juga, kini tengah disusun peraturan daerah terkait perpustakaan dan kearsipan di Jabar. Pasalnya, tak dimungkiri, perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dan berpengaruh terhadap peningkatan budaya literasi termasuk kegemaran membaca oleh masyarakat.

Beberapa program transformasi di Jabar antara lain pemerataan akses perpustakaan, peningkatan bahan bacaan, peningkatan jumlah pustakawan, peningkatan kunjungan ke perpustakaan, peningkatan standarisasi perpustakaan, peningkatan partisipasi masyarakat, serta peningkatan kepesertaan anggota perpustakaan. ungkap Elin Suharliah.

Jabar telah melakukan kolaborasi untuk memperkuat dan mengembangkan perpustakaan. Bukan hanya perpustakaan yang ada di provinsi, tetapi perpustakaan di desa-desa hingga sekolah dan pesantren Pungkasnya.(AP)