Parlementaria

Keberadaan UMKM Perlu Perhatian Pemerintah

Bandung.Swara Jabbar Com.-Pengertian UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi sektor pendukung dalam situasi pandemi Covid-19, yang mampu menghidupkan kembali perekonomian negara.

Tak heran, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Kementerian Koperasi dan UKM juga sangat concern terhadap para pelaku UMKM tersebut.

Aep Nurdin, Anggota Komisi III DPRD Jabar dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengatakan sangat penting untuk memfasilitasi kebangkitan pelaku UMKM dan membantu perekonomian negara melalui pemasukan ke kas negara.

Sebagai anggota DPRD Jawa Barat yang berasal dari daerah pemilihan Bandung dan Bandung Barat, ia melihat Bandung Barat belum memiliki tempat kuliner khusus di daerah pemilihannya, namun masih tersebar luas.

“Pemerintah daerah perlu mendorong wisata kuliner menjauh dari distribusi dan lain-lain. Oleh karena itu, perhatian pemerintah daerah harus lebih terfokus pada APBD, karena UMKM merupakan tulang punggung untuk menopang pertumbuhan ekonomi. Intinya, pemerintah harus benar-benar mendukung UMKM dari segi anggaran melalui pelayanan KUKM,” pungkasnya.(AP)