Parlementaria

Tia Fitriani : Minta Stabilkan Bahan Kebutuhan Pokok, Jelang Bulan Ramadhan

Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat hj.Tia Fitriani meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menstabilkan harga bahan pokok di pasaran menjelang bulan suci Ramadhan tahun ini. Kita ketahui bahwa bahan-bahan kebutuhan pokok selalu merangkak naik jelang Bulan Suci Ramadhan.

Ketersediaan berbagai bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri menjadi pusat perhatian Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat dari Partai NasDem, Hj. Tia Fitriani mengatakan harga kebutuhan pokok kerap naik jelang Ramadhan.Untuk itu kata dia dengan memastikan stok barang harga pun dapat lebih terkendali.

Tia mengatakan DPRD Jawa Barat bersama Kementerian Perdagangan dan Bulog serta mitra kerja Komisi II seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar akan terus mengontrol ketersediaan kebutuhan pokok supaya harganya lebih terkendali menjelang momen-momen besar keagamaan.

Lebih jauh Legislator Partai NasDem Dapil Jabar III (Kabupaten Bandung) Tia Fitriani mengatakan, kenaikan harga bahan pokok ini akibat kebutuhan lebih tinggi daripada penawaran. “Logika ekonomi sederhana kan permintaan dan penawaran, masa-masa menjelang puasa dan hari raya pasti kebutuhan pokok lebih tinggi, tapi penawaran atau supply barang kan tidak bertambah banyak.

“Ketika peningkatan permintaan lebih tinggi dari penawarannya, harganya terdongkrak naik,” sambungnya.

Ia menjelaskan, kenaikan harga bahan pokok atau inflasi ini tidak bisa diantisipasi, karena sifatnya alamiah. Sebab, inflasi merupakan sebuah konsekuensi logis dari pertumbuhan ekonomi. Karena itu, hal yang paling penting adalah level inflasi tetap ideal Pungkasnya (AP)