Pemerintahan

Program Mudik Gratis Disambut Antusias Warga Kota Cimahi

Cimahi.Swara Jabbar Com.-Program mudik gratis disambut warga Kota Cimahi saat dibuka pendaftaran pada Rabu (8/3/2023). Pemkot Cimahi melalui Dinas Perhubungan Kota Cimahi menyediakan 472 kuota mudik gratis tahun ini.

Pendaftaran mudik gratis itupun langsung diserbu masyarakat yang mendatangi Kantor Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah. Warga rela antre sejak pukul 04.00 WIB.

Zaenal Mustofa (47), salah seorang warga Cimahi. mengaku antusias mengikuti program mudik gratis tahun ini. Apalagi Zaenal yang rencananya akan mudik bersama istri dan kedua anaknya sudah puluhan tahun tidak melakukan aktivitas mudik khusus lebaran ke kampung halamannya di Magelang, Jawa Tengah.

“Tahun ini baru mau mudik lagi kalau lebaran. 4 orang sama istri dan anak. Jadi seneng, alhamdulillah ada mudik gratis meskipun hari ini belum dapat kuotanya,” ujar Zaenal.

Imbuh Rianti (52), warga lainnya mengaku lega karena sudah mendapatkan kursi untuk mudik gratis ini. Ia akan pulang kampung ke Magelang, Jawa Tengah.

“Tadi antre dari jam 5 subuh, alhamdulillah udah dapat kursi. Nanti tinggal daftar ulang. Rencananya berangkat sama anak berdua,” tutur Imbuh.

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi Caheruddin Djoehari mengatakan, warga Kota Cimahi sangat antusias mengikuti mudik gratis ini. Meskipun pendaftaran masih akan berlangsung hingga 31 Maret mendatang.

“Antusiasmenya luar biasa, warga ada yang datang pukul 4 pagi tadi padahal baru dibuka jam 9. Jadi kita percepat dibuka pendaftarannya. Kita batasi per hari 50 orang,” terangnya.

Tujuan mudik gratis tahun ini tahun ini masih sama seperti tiga tahun lalu, yakni jalur selatan dari Kota Cimahi menuju Solo via Yogyakarta dan jalur utara Kota Cimahi menuju Semarang via Cirebon. Pihaknya menyiapkan 472 kursi tahun ini yang akan diberangkatkan menggunakan 8 bus.

Dia mengatakan, bagi warga yang sudah mendaftar sesuai kuota maka harus melakukan daftar ulang pada 3-15 April 2023. Sebelum akhirnya akan diberangkatkan pada 19 April 2023 ke daerah tujuan masing-masing.

“Harus daftar ulang sesuai jadwal. Nanti diberangkatkannya dari Lapangan Apel Pemkot Cimahi 19 April,” terangnya.  (hms/die)