Parlementaria

Perempuan Memiliki Peran Penting Dalam Peningkatan UMKM

Bandung.Swara Jabbar Com.-Perempuan memegang peran besar sebagai penopang ekonomi negara.Peran signifikan perempuan salah satunya terlihat pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM)

Namun, masalah ketimpangan gender masih menjadi penghambat perkembangan UMKM di Indonesia khususnya di Jawa Barat.

Perempuan pelaku UMKM antara lain masih kerap mengalami hambatan atas akses setara terhadap teknologi, literasi dan layanan keuangan digital. Hal ini dikatakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Siti Muntamah.

Legislator PKS Dapil jabar I (Kota Bandung-Kota Cimahi) menuturkan Berbagai faktor utama yang dihadapi oleh UMKM perempuan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat yakni: Konstruksi sosial patriarki.Minimnya infrastruktur, akses, dan kemampuan perempuan untuk mengakses teknologiRendahnya literasi dan inklusi keuangan bagi perempuan.

Untuk mengatasi permasalahan itu, pemerintah mendorong pemberdayaan perempuan dalam sektor kewirausahaan melalui serangkaian kebijakan. Salah satunya dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif Perempuan untuk meningkatkan akses layanan keuangan formal kepada perempuan. Strategi ini juga bertujuan untuk memperkuat akses permodalan dan dukungan pengembangan usaha, serta meningkatkan akses perempuan ke produk dan layanan keuangan digital tegas Siti Muntamah

Selain itu, Situ Muntamah mendorong mengadakan program wirausaha perempuan melaluiPelatihan Kewirausahaan Berprerspektif Gender Program ini meliputi pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, literasi dan inklusi keuangan, serta pemanfaatan teknologi dan literasi digital untuk pengembangan bisnis. Program ini dijalankan melalui kolaborasi multisektoral, melibatkan BUMN, swasta, pemerintah pusat dan daerah, hingga NGO. Pungkasnya. (AP)