Regional

Atasi Rawan Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Ciamis Adakan Pelatihan Sekolah Lapang di BPP Cihaurbeuti.

Ciamis.Swara Jabbar Com.-Dalam rangka penanggulangan krisis pangan juga untuk pengembangan cara Pembuatan pengembangan Pupuk Organik khususnya di Wilayah Pemerintah Kabupaten Ciamis Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Sekolah lapang tentang bagai mana cara menggunakan Pupuk Organik .acara tersebut bertempat Aula Balai Pertanian (BPPT) Kecamatan Cihaurbeuti .Selasa (4/4/2023).

Dalam kegiatan sekolah lapang di BPPT Cihaurbeuti tersebut dengan jumlah Peserta sebanyak kurang lebih 40 orang Peserta terdiri dari Anggota dari tiap Kelompok Tani yang ada di tiap tiap Desa di Kecamatan Cihaurbeuti.

Menurut Novi Nuryanti Kabid Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis menjelaskan dalam pelatihan ini dipandu oleh Narasumber dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, dengan tujuan melatih tentang teknis dan tahapan Pertanian Organik baik di kelas maupun dengan praktek di Lapangan sehingga akan mampu menaikkan harga pangan yang dihasilkan selain itu yang juga sangat penting adalah menghasilkan pangan yang sehat dikonsumsi serta lingkungan tetap lestari.

Novi menambahkan melalui Genta Organik ini agar petani petani yang ada di Kabupaten Ciamis bisa membuat Pupuk Organik agar bisa Mandiri dengan Empat Materi dengan Sekolah lapang (SL) ada 4 materi cara pembuatan pupuk Organik, Yang Pertama Pembuatan Pupuk Organik Cair,Pupuk Organik Padat,Pembenahan tanah, dan pembuatan,Pembuatan Pektisida Nabati .

Dengan adanya Sekolah lapang Novi berharap agar petani petani yang ada di Kecamatan Cihaurbeuti umumnya Ciamis agar materi -materi yang telah di sampaikan oleh Narasumber supaya bisa di praktekan oleh tiap-tiap kelompok Pungkasnya. (Zenal)