Parlementaria

Legislator PKS Aep Nurdin : Tingkatkan Potensi Desa Wisata.

Kab Bandung Barat.Swara  Jabbar Com.-Pemerintah daerah (pemda) diminta terus menunjukkan komitmen mereka dalam berinovasi untuk meningkatkan potensi desa wisata. Inovasi yang dimaksud khususnya terkait dengan pengembangan ekonomi desa di sektor pariwisata.

Dana desa yang selama ini diluncurkan pemerintah tak hanya bisa digunakan untuk membangun desa wisata. Dana desa, ujarnya, juga bisa dimanfaatkan untuk pengadaan, pemanfaatan, serta pemeliharaan sarana dan prasarana desa wisata.Hal ini dikatakan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Aep Nurdin.

Dia pun mendorong kerja sama yang terus berlanjut antara semua pihak, termasuk swasta, dalam pengembangan desa wisata. Sehingga, perekonomian masyarakat bisa berkembang melalui pembangunan desa berbasis wisata tersebut.

“Hal ini bisa terwujud jika ada komitmen bersama, yakni komitmen masyarakat mau terlibat dan bertanggung jawab serta dari pemerintahan desa, terutama para kepala desa,” ucap Aep Nurdin.

Legislator PKS Dapil Jabar III (Kabupaten Bandung Barat) Aep Nurdin menambahkan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar desa wisata berkembang. Salah satunya adalah sumber daya manusia (SDM) lokal yang terlibat.

“Salah satu syarat membangun desa wisata adalah memiliki potensi SDM lokal yang terlibat dalam aktivitas pengembangan desa wisata, misalnya dengan menjadi pemandu wisata,” ujar Aep Nurdin.

Aep Nurdin mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk benar-benar memahami potensi di wilayah mereka untuk dikembangkan menjadi objek wisata.

Jika pemda tidak memahami potensi itu, kehadiran desa wisata tidak akan berkembangan dengan baik. Caranya adalah dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai motor penggerak untuk mempromosikan tempat wisata Pungkasnya. (AP)