Politik

PKS Parpol Pertama Serahkan Berkas Pendaftran BCAD ke KPU Jabar

Bandung.Swara Jabbar Com.-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jabar menjadi parpol pertama yang menyerahkan berkas pendaftaran BCAD ke KPU Jabar.

“Sampai dengan hari kedelapan hari ini, untuk peserta pemilu baru satu parpol yang menyerahkan pengajuan BCAD yaitu dari PKS,” terang Ketua KPU Jabar, Rifki Ali Mubarok, Senin (8/5).

Kendati demikian, Rifki mengatakan, ada beberapa parpol yang mengonfirmasi akan segera menyerahkan berkas pendaftaran BCAD. Diprediksi, parpol-parpol tersebut mulai mendaftar pada Selasa (9/5) besok.

“Kemungkinan setelah hari ini yaitu tanggal 9 sampai tanggal 14 ada beberapa parpol yang sudah mengkonfirmasi untuk menyerahkan pengajuan BCAD. Paling banyak kemungkinan tanggal 13,” kata dia.

Rifki mengimbau, parpol peserta pemilu yang akan mengajukan BCAD untuk secepatnya menyelesaikan proses pengajuan melalui aplikasi silon (sistem informasi pencalonan). Ia memastikan akan menunggu sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Jangan sampai di akhir karena kita khawatir nanti ada beberapa dokumen belum lengkap, kemudian harus diperbaiki sementara waktunya sudah tidak ada, dikhawatirkan akan menghambat proses pengajuan calon,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Jabar, Haru Suandharu menerangkan, pihaknya menyerahkan berkas pendaftaran 120 BCAD. Dari 120 berkas BCAD tingkat provinsi tersebut, 36 persen di antaranya diisi kuota perempuan.

“Alhamdulillah kita bisa mendaftarkan 120 untuk BCAD tingkat provinsi. Kalau dirata-ratakan 36 persen BCAD perempuan yang diajukan PKS,” kata Haru.

Tak hanya itu, dia menyebut, para BCAD tersebut diisi 50 persen wajah-wajah baru. Hal tersebut dilakukan untuk menggantikan anggota dewan yang saat ini ditugaskan ke pusat.

“Mudah-mudahan kehadiran dari mereka bisa memperkaya kader-kader PKS di tingkat Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.

Haru berharap, proses pendaftaran BCAD berjalan lancar agar pihaknya bisa melaksanakan kewajiban sebagai peserta Pemilu. Termasuk, bisa secepatnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat.
“Mudah-mudahan bisa bertambah dua kali lipat dari yang sudah ada. Mudah-mudahan masyarakat Jawa Barat percaya kepada PKS Jabar,” tandasnya.*