Parlementaria

Sari Sundari : Pekerja Migran Indonesia (PMI) Memiliki Peran Penting Dalam Pembangunan.

Garut.Swara Jabbar Com.-Pimpinan dan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah V Tasikmalaya dalam rangka mendapatkan data dan informasi terkait upaya pemulangan Pekerja Imigran Indonesi (PMI) atau TKW yang bekerja di luar negeri.

Pada kunjungan tersebut, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKS Sari Sundari (Sadar) menuturkan bahwa pekerja migran Indonesia asal Jawa Barat mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan daerah maupun nasional sebagai potensi sumber daya manusia ujarnya.

Lebih jauh, Sari Sundari (SADAR) Politisi Perempuan PKS Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) menegaskan Saat ini Pemdaprov Jabar mempunyai Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Perda Nomor 2 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan pekerja Migran Indonesia asal daerah Provinsi Jawa Barat.

Perda ini memiliki tujuan yang penting yaitu Melindungi pekerja migran Indonesia dan calon pekerja migran Indonesia asal Jawa Barat dari perdagangan orang, perbudakan dan kerja paksa, korban kekerasan, kesewenang-wenangan, kejahatan atas harkat dan martabat manusia, serta perlakuan lain yang melanggar hak asasi manusia ujar Sari Sundari.

“ Terkait upaya pemulangan Pekerja Imigran Indonesi (PMI) atau TKW yang bekerja di luar negeri perlu adanya sinergitas yang baik antar pekerja, Pemerintah Daerah, kementerian dan perwakilan negara republik Indonesia di negara penempatan agar semua dapat berjalan lancar dan saling bekerjasama dengan baik,”Pungkas. Sari Sundari. (AP)