Parlementaria

Hj.Elin Suharliah : Era Digital Perempuan Harus Maju.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Era Revolusi Industri 4.0 memengaruhi perkembangan teknologi digital yang memudahkan masyarakat dalam mengambil, menyebarkan, serta menyajikan informasi.

Di dunia pekerjaan pun teknologi digital mulai memunculkan profesi baru seperti data science dan business intelligence, sehingga setiap orang perlu melakukan adaptasi.

Bahkan era digital turut menunjukkan bahwa dominasi kemampuan teknologi perempuan lebih rendah dibandingkan laki-laki. Hal ini dikatakan Hj.Elin Suharliah Anggota Komsii I DPRD Provinsi Jawa Barat.
Lebih jauh Politisi Perempuan PDI Perjuangan Dapil Jabar III (Kabupaten Bandung Barat)  Hj.Elin Suharliah menuturkan Di sisi lain, peluang pekerjaan di bidang teknologi informasi terus berkembang. Oleh sebab itu, ada peluang sekaligus tantangan yang perlu dihadapi perempuan di era digital..

Laki-laki dan perempuan memiliki peluang yang sama di era digital. Mengingat bahwa pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan data, Artificial Intelligence (AI), dan profesi lain sedang banyak dibutuhkan.

Peluang ini juga ditunjukkan dengan peningkatan minat perempuan untuk mendapatkan gelar di bidang teknologi, engineering, industri sains, hingga matematik yang biasanya didominasi oleh laki-laki ujar Hj.Elin suharliah.

Ketertarikan perempuan di bidang ini membantu untuk meningkatkan peluangnya di dunia digital. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan mampu membantu menyetarakan posisi laki-laki dan perempuan ujarnya.

Hj.Elin Suharliah memandang Peran perempuan dalam Ekonomi  Digital kini tidak dapat dipandang sebelah mata. Banyak perempuan hingga ibu rumah tangga yang memulai aktivitas menulis blog untuk menyuarakan isu terkini, berbagi informasi, hingga bergabung menjadi jurnalis.

Situasi tersebut membantu mereduksi keterbatasan perempuan dalam mengakses media digital dan justru meningkatkan peluangnya.Kontribusi perempuan dalam memajukan perekonomian Indonesia tentu tidak perlu diragukan lagi, mulai dari industri UMKM hingga tantangan di era digital mampu dihadapi dengan baik Pungkasnya.(AP)