Parlementaria

H.Husin Mendorong Ekonomi Kreatif Jadi Tulang Punggung Perekonomian.

Indramayu.Swara Jabbar Com.-Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep pada era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi. Hal ini dikatakan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat H.Husin, SE.

Lebih jauh Legislator Perindo H.Husin SE,  Asal Dapil Jabar XII (Kabupaten Indramayu-Kabupaten Cirebon-Kota Cirebon) mengatakan Ekonomi kreatif tidak bisa dipisahkan dari warisan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi .Karena itu, kekayaan warisan budaya Indonesia bisa dijadikan sebagai ekonomi kreatif yang bisa membuat kebudayaan Indonesia dikenal diluar negeri sekaligus memajukan ekonomi ujarnya.Ciri-ciri Ekonomi Kreatif yaitu Memiliki Kresi Intelektual, Mudah diganti, Distribusi Secara Langsung dan Tidak Langsung, Memerlukan Kerja Sama, Berbasis pada Ide,Tidak memiliki Batasan.

H.Husin, SE yang tergabung di Fraksi NasDem Persatuan Indonesia  DPRD Povinsi Jawa Barat menuturkan Jenis-Jenis ekonomi kreatif diantaranya, Perikanan, Kerajinan,Pasar Seni, Arsitektur, Desain, Mode, Perfilman, Video dan fotografi, Game interaktif, indstri musik dan drama.

Bisa dikatakan, ekonomi kreatif adalah tidak bisa dilepaskan dari warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Karena itu, kekayaan warisan budaya Indonesia bisa dijadikan sebagai ekonomi kreatif yang bisa membuat kebudayaan Indonesia dikenal oleh luar negeri sekaligus memajukan perekonomian.

Ekonomi kreatif dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, mudah-mudahan dapat terwujud,” Pungkas H.Husin. (AP)