Regional

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Kp Umbul Tengah Tarogong Garut Terealisasi.

Garut.Swara Jabbar Com.-Program padat karya tunai melalui  percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3A) Sinar Mentari Indotama nama kelompok  yang di laksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung Satuan Kerja Operasiol dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Cimanuk Cisanggarung Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) jaringan irigasi lokasi kegiatan di Kp. Umbul Tengah Kel. Jayawaras Kec. Tarogong Kidul Kab. Garut.

 

Salah satunya nama Sinar Mentari Indotama kelompok petani memakai Air (P3A) Kel Jayawaras Kecamatan Tarogong Kidul Kab Garut yang sudah dikerjakan secara padat karya tunai di Kp Umul Tengah Kel Jayawaras kec Tarogong Kidul Garut  menyebutkan, Kelompoknya menyatakan untuk tahun 2023 dapat program BBWS (Balai Besar Wilayah YAEN RENALDI menjelaskan, pembangunan irigasi non teknis sepanjang 530 m yang di kerjakan di Kp UMUL TENGAH KEL JAYAWARAS KEC Tarogong Kidul menelan enggaran Rp 195 juta dengan 90 hari kalender.

 

“𝘈𝘭𝘩𝘢𝘮𝘥𝘶𝘭𝘪𝘭𝘭𝘢𝘩, pekerjaan hinga sekarang sudah mencapai 90% dan untuk mengerjakan oleh kelompok memberdayakan semua masayarakat sekitar” YAEN RENALDI menjelaskan kepada media Swara Jabbar (14/06/2023) .

 

“Program P3A ini sangat membantu para petani pengguna air, pasalnya pembangunan irigasi ini bisa mengaliri pesawahan sekitar 10 hektare”, imbunnya.

 

Sementara, sangat mengapresiasi terhadap kegiatan pekerjaan irigasi ini, sebab sekarang lahan sawah bisa kembali produktif.

 

AGUS KUSNADI sebagai Kepala Desa Jayawaras berharap, dengan pembangunan saluran irigasi tersebut, seluruh lahan pertanian tidak akan lagi kekurangan air saat musim kemarau melanda.

 

Kendala pengangkutan batu pasir semen sehingga perjalanan jauh, lanjut pengguna air dapat dengan baik dan maksimal dalam mengelola lahannya, karena kebutuhan air selama ini sering menjadi kendala.

 

” Dengan pembangunan saluran irigasi tersier ini, seluruh lahan pertanian dapat terairi dengan baik mendongkrak hasil pangan kedepannya,”tandas Kepala Kelurahan Jayawaras (M.Suparman)