Parlementaria

Tia Fitriani Kunjungi Kelompok Tani Maju Jaya di Arjasari.

Kabupaten Bandung.Swara Jabbar Com.-Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kunjungan kerja ke kelompok Tani Maju Jaya di Arjasari Kabupaten Bandung. Rabu (5/7/2023).

 

Pada kunjungan kerja tersebut hadir Anggota Komisi II Tia Fitriani .

 

Legislator Partai Nasdem Tia Fitriani Asal Dapil Jabar II (Kabupaten Bandung) menuturkan Pada hakekatnya kelompok tani adalah organisasi yang memiliki fungsi sebagai media musyawarah petani. Di samping itu, organisasi ini juga memiliki peran dalam akselerasi kegiatan program pembangunan pertanian. Kelompok tani dibentuk oleh dan untuk petani, guna mengatasi masalah bersama dalam usaha tani.

 

Pentingnya bergabung dengan kelompok tani yakni,Sebagai wadah proses belajar memimpin dan meningkatkan tanggungjawab,,Sebagai wadah mengembangkan kerjasama, Melatih anggota berfikir dan bermusyawarah, Mempererat ikatan silaturrahmi antara anggota, Meningkatkan kepercayaan dari pihak luar ujar Tia Fitriani.

 

Tia Fitriani menilai Partisipasi anggota kelompok atau peran serta anggota kelompok adalah keterlibatan semua anggota kelompok dalam setiap pengambilan keputusan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Dengan adanya partisipasi ini maka anggota kelompok tidak dianggap sebagai obyek tetapi sebagai subyek atau pelaku .

 

Partisipasi kelompok ditunjukkan oleh indikasi bahwa anggota kelompok tersebut bersedia datang disetiap kegiatan dan aktif memberikan tanggapan atau aktif melakukan kegiatan dan juga ikut serta mengambil keputusan bersama.
Dengan bergabungnya petani – petani kedalam kelompok tani maka diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi para petani itu sendiri.

 

Tia Fitriani berharap kelompok Tani Maju Jaya di Arjasari Kabupaten Bandung kesejahteraan petani semakin meningkat dan dorongan pemerintah bagi petani agar harga pupuk bisa terjangkau Pungkasnya.(AP)