Regional

Peringati 1 Muharram 1445, Desa Sondari Kec. Pasirjambu Adakan Khitanan Massal, Bakti Sosial Pembagian Sembako dan Santunan Anak Yatim

Kab Bandung.Swara Jabbar Com.-Sangat kental dengan keberagaman budaya dan adat istiadat, tradisi 1 Muharram di Indonesia dipadukan dengan budaya setempat yakni seperti di Desa Sondari Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung menggelar suroan, Senin (25/7/2023).

Ketua pelaksana Sandi menjelaskan, tujuan diselenggarakan kegiatan Suroan ini untuk kedekatan batin, mempererat silaturrahmi dan menumbuhkan kebersamaan dalam senasib sepenanggungan sesama warga.

Dengan adat istiàdat seni dan budaya Sunda. “Dengan melestarikan adat istiadat seni dan budaya Sunda, kegiatan ini juga sekaligus menjunjung tinggi serta rasa hormat kepada leluhur”. ucap Sandi.

Dalam kegiatan ini kami mengadaakan khitan massal, bakti sosial pembagian sembako dan santunan anak yàtim dan pada hari Jum’at tanggal 10 Muharram kami akan mengadakan kirab dan seni budaya sunda buhun, paparnya.

Sementara Kepala Desa Cisondari Dudi Wiwaha yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, di Desa Cisondari Suroan ini tradisi Perayaan 1 Muharram sudah turun temurun dan menjadi ciri khas dalam memelihara tradisi dan budaya.

“ Tahun baru islam 1.445 Hijriah ini harus kita maknai sebagai momentum muhasabah (intropeksi) maupun tranformasi diri untuk berkomitmen kuat menghilangkan kekhilafan dan kesalahan serta berkomitmen penuh untuk memperbaiki diri, keluarga dan masyarakat dalam semua ranah kehidupan sesuai tuntunan agama islam,” jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai kerohanian dalam kehidupan bermasyarakat, yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan ukhuwah islamiyah serta kerukunan hidup antar umat beragama yang heterogen dalam lingkungan sosial, budaya dan religiusitas khususnya di Desa Cisondari.

Kepala Desa mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memfasilitasi acara ini, serta semua pihak yang telah membantu maupun mendukung kegiatan ini sehingga dapat dilaksanakan dengan baik.

Sumber: Sam/Edittor: Difa