Parlementaria

Sturgeon (Bulan Sturgeon) Gerhana Bulan tgl Agustus nanti

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang

Tgl 2 Agustus dinihari nanti akan terjadi gerhana bulan ini disebut dengan fenomena Sturgeon Moon atau Bulan Sturgeon. Penyebab terjadinya fenomena Sturgeon adalah karena orbit Bulan mengelilingi Bumi tidak membentuk lingkaran sempurna, sebagai akibat dari pengaruh gravitasi Bumi. Orbit Bulan mengelilingi Bumi berbentuk elips, tampak seperti lingkaran memanjang atau oval.fenomena Bulan Purnama yang terjadi ketika jarak Bulan berada lebih dekat dengan Bumi. Oleh karena itu, ketika terjadi Supermoon maka Bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

Menurut mitos kepercayaan warga Tionghoa adanya naga yang berusaha memakan bumi dengan mengeluarkan bola bola api dari mulutnya memenuhi alam cakrawala.

Disaat terjadi gerhana bulan jaman dulu biasanya mereka sembahyang menghadap langit memohon dewa langit selamatkan bumi. Dan mereka meminta agar naga tidak memakan bumi. Mereka mohon perlindungan dari dewa langit. Mereka memohon supaya tidak terjadi bencana sesudah gerhana bulan. Mereka takut bencana banjir rob dan hujan besar sesudahnya