Regional

Aneka Jenis Pemanis dan Gula

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Jeremy Huang Wijaya

大自然提供了许多好处,保护艾伦
Dà zìrán tígōngle artinya Alam banyak memberikan manfaat
Sebelum adanya gula dari tebu jaman dulu 10.000 SM, membuat rasa manis untuk masakan dan minuman digunakan lah madu.saat itu madu yang digunakan ada yang berasal dari lebah dan getah manis pohon. Madu lebah digunakan oleh orang orang di negara tropis. Sementara getah manis pohon digunakan oleh orang orang dari negara yang beriklim salju. Ada juga pemanis yang menggunakan sari buah buahan.

Ada juga daun stevia yang tumbuh di Amerika Utara dan Selatan. bukit Sandy di Cimenyan Kabupaten Bandung banyak ditanam daun stevia digunakan sebagai pemanis alami untuk minuman dan makanan.
Kita juga mengenal pemanis yang dibuat di negara kita sejak dulu yaitu gula aren.

Masyarakat kita mengenal gula aren ada yang menyebutnya sebagai gula kawung. Dibuatnya dari Nira asalnya dari tandan bunga jangan pohon enau. Nira itu Cairan pohon dari keluarga Palma seperti kelapa dan siwalan. Cara membuat Bunga (mayang) atau (bunga kelapa) yang belum mekar diikat kuat (kadang-kadang dipres dengan dua batang kayu) pada bagian pangkalnya sehingga proses pemekaran bunga menjadi terhambat.

Sari makanan yang seharusnya dipakai untuk pemekaran bunga menumpuk menjadi cairan gula. Mayang membengkak. Setelah proses pembengkakan berhenti, batang mayang diiris-iris untuk mengeluarkan cairan gula secara bertahap. Cairan biasanya ditampung dengan timba yang terbuat dari daun pohon palem tersebut. Cairan yang ditampung diambil secara bertahap. fungsi gula aren melancarkan pencernaan karena gula aren memiliki kandungan serat.

Ada lagi gula batu sebagai pemanis. Gula batu dibuat dari larutan gula cair yang diendapkan atau di kristalisasi sehingga menghasilkan gula yang keras layaknya batu. Biasanya gula batu digunakan untuk minuman teh yang menggunakan poci. Sirop minuman bahan bakunya dari gula pasir yang diendapkan atau di kristalisasi. Gula Batu pertama kali dibuat di Iran pada abad ke 9 Masehi.
Itulah aneka jenis pemanis, aneka gula dan sejarahnya.