Pendidikan

Program Studi Psikologi UPI Memberikan TOT Bagi Guru Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak.

Kuningan.Swara Jabbar Com.-Pada tanggal 2 – 3 Agustus lalu Program Studi Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan kegiatan pengabdian pada Masyarakat (P2M) di Kabupaten Kuningan. Kegiatan P2M dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Muhammad Ridho Suganda, S.H. bersama rektor UPI Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd. di Gedung Olahraga Ewangga pada tanggal 2 Agustus 2023. Kegiatan P2M oleh Prodi Psikologi-UPI mengambil tema Assertive Communication Training sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak.

Kegiatan P2M secara luring diselenggarakan di SDN 1 Cigadung Kecamatan Cigugur yang dihadiri oleh 120 orang guru SD yang menjadi perwakilan dari 32 Kecamatan se-Kabupaten Kuningan.


Tema dan materi kegiatan P2M yang dipilih sebuah upaya untuk memberikan kontribusi kepada Masyarakat khususnya para guru tentang komunikasi asertif agar mereka memiliki pemahaman dan keterampilan yang memadai untuk mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari serta mengajarkan keterampilan berkomunikasi asertif tersebut kepada siswa-siswa mereka.

Kegiatan ini sebagai kontribusi psikologi UPI terhadap penanganan kasus kekerasan seksual pada anak yang terus menerus meningkat sepanjang waktunya. Pembekalan yang memadai kepada guru mengenai pentingnya mengajarkan perilaku asertif pada anak dalam situasi apapun, terutama saat menghadapi pelaku kekerasan seksual, dapat menjadi upaya preventif untuk membendung kejahatan seksual yang terjadi pada anak ini.

Tentunya peran serta orangtua dan masyarakat sekitar juga sangat dibutuhkan dalam menanggulangi permasalahan ini. Harapannya dengan kegiatan ini, guru dapat mengajarkan kepada siswa cara untuk berkomunikasi secara asertif dalam situasi-situasi berisiko, ataupun dapat melatih sesama teman sejawat dan orang tua terkait perilaku asertif ini. (red)