Pendidikan

SDN SIRNAMANAH SEKOLAH RAMAH ANAK

Sumedang, Swara Jabbar Com.-SDN Sirnamanah di Dusun Cibawang Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong Kab. Sumedang Jawa Barat, dirasakan sangat ramah anak. Terutama, bila dilihat dari aspek lokasi sekolah ke jalan raya, daya dukung vegetasi alam sekitarnya, dan hospitality guru-guru dan kepala sekolahnya.

Sekolah SDN Sirnamanah berada pada jarak tidak terlalu dekat dengan jalan raya Rancakalong. Sehingga, anak-anak tidak riskan bila pergi dan pulang sekolah. Letak sekolahnya pun, berada di tengah ruang terbuka hijau. Sehingga, suasananya terasa sejuk dan nyaman untuk menunjang proses pembelajaran.

Lingkungan sekolah senantiasa bersih dan cerah. Suasana itu tercipta, karena pihak sekolah sengaja memperkerjakan tenaga khusus untuk kebersihan. Depan sekolah, mushola berdiri mungil, sebagai sarana sholat bagi para siswa dan guru. Mushola itu pun kadang dijadikan tempat guru ngajar ngaji kepada siswa yang belum melek baca tulis Al Quran.

Senyum dan Sapa, tidak hanya sebatas slogan, tapi tercermin dari sikap guru dan kepala sekolahnya. Kepsek Hendar Suhendar dan guru selalu ramah kepada setiap tamu yang datang. Seolah memberikan nilai-nilai ketauladanan adab dan etika keramahtamahan kepada siswa-siswanya.

Kepsek Hendar memulai karir gurunya di SDN Antara II Kecamatan Cibugel. Tahun 2005 pindah tugas ke SDN Haurngombong Kecamatan Pamulihan. Empat tahun kemudian, ia dipindahtugaskan ke SDN Citungku Kecamatan Rancakalong. Pernah jadi Plt Kepala SD Sindangkerta di Kecamatan Tanjungmedar. Sebelum depenitif jadi Kepsek di SDN Sirnamanah.