Parlementaria Kota Bandung

Erick Darmadjaya, B. Sc, Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung Pedoman Sejarah Yang Baku

Bandung.Swara Jabbar Com.-

Oleh Jeremy Huang Wijaya

Ada pepatah Tiongkok berkata 不要忘记历史,理清历史的曲折,揭露和揭露黑暗历史必须有诚实。
Bùyào wàngjì lìshǐ, lǐ qīng lìshǐ de qūzhé, jiēlù hé jiēlù hēi’àn lìshǐ bìxū yǒu chéngshí. Artinya jangan lupakan sejarah, luruskan kembali sejarah yang berliku liku, kejujuran harus ada dalam mengungkap dan membuka tabir sejarah yang gelap.

Penulis bertemu dengan Erick Darmadjaya, N. Sc dan Christian Julianto Budiman Bertempat di ruangan Fraksi PSI di Gedung DPRD kota Bandung pada hari jumat 10 Nopember 2023.

Kami berdiskusi tentang Sejarah.Erick Darmadjaya, B. Sc menyatakan keprihatinannya selama ini tentang sejarah yang ada karena belum ada yang Baku. Erick Darmadjaya, B. Sc pernah bertanya kepada salah satu penerbit buku tentang kisah sejarah menurut Erick ada yang aneh dan janggal tetapi salah satu penerbit buku tersebut berkata bahwa apa yang ditulis dalam buku tersebut berdasarkan referensi dan pedoman dari Dinas pendidikan dan kebudayaan, ketika dikonfirmasi ke Dinas Pendidikan dan kebudayaan tidak merasa memberikan referensi seperti itu.

Dari Hal ini Erick Darmadjaya, B. Sc berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengumpulkan para ahli sejarah, dan pelaku sejarah untuk berdiskusi mencari pedoman dan patokan yang Baku tentang sejarah, sehingga masyarakat memiliki pedoman yang Baku dan pasti bukannya sebuah opini dan dugaan.

Erick Darmadjaya berkata Untuk mencari kebenaran sejarah harus bersumber kepada
A. Bukti bukti dari kitab kuno yang menuliskan peristiwa dan kejadian di waktu yang lampau
B. Peninggalan sejarah yang ada di tempat peristiwa
C. Cerita cerita dari Tokoh sejarah dan pelaku sejarah yang digabungkan dan diklasifikasikan.

3 hal itu menjadi yang utama dalam pembuatan buku bertema sejarah. Erick Darmadjaya berharap Dinas pendidikan dan kebudayaan dapat secepatnya membuat standardisasi sejarah sehingga menjadi pedoman yang pasti, sehingga tidak simpang siur dan bukan opini