Regional

GOTONG ROYONG DESA CIMARIAS MASIH TERPELIHARA

Sumedang Swara Jabbar Com.-Kontribusi keikutsertaan warga cimarias untuk pembangunan terbilang cukup tinggi. nilai kegotongroyongan masih berakar kokoh dan terpelihara cukup baik di tengah-tengah masyarakat. potensi kearifan lokal ini, di jadikan power bagi pemerintahan Desa cimarias kecamatan pamulihan kabupaten sumedang jawa barat untuk menggenjot pembangunan berbagai sektor, terutama infrasetuktur jalan.

demikian di ungkapkan kepala desa cimarias, Mamat Rohmat, beberapa waktu lalu, kades keempat di desa berpenduduk 3.700 ini merasa berbangga masyarakat peduli terhadap pembangunan,” sehingga tadinya mau membangun100 meter, jadi 150 meter, karena ada kontribusi dari masyarakat. maka alhamdulilah, dari tahun ketahun ada peningkatan,” imbuhnya.

sebagai desa terpencil dengan medan jalan terkatagori berat untuk di tempuh, kades Mamat Rohmat berupaya untuk membangun Desa Cimarias dengan dasar-dasar kegotong royongan. perlahan tapi pasti, di periode kepemimpinannya, pembangunan cukup merata tersebar di 3 kadus meliputi 6 RW dan 33 RT.

kecuali, kata kades Mamat Rohmat, infrastruktur dengan status jalan kabupaten, pihak pemdes cimarias, tidak bisa banyak bergerak, karena beda kewenangan,” Maap, bukan sombong, jalan-jalan yang bisa di garap oleh desa, bagus semuanya, kenapa jalan itu masih butut amburadul, karena bukan kewenangan Desa untuk memperbaikinya, jika di wenangkan di perbaiki oleh Desa, setahun anggaran pasti sudah beres,” ungkapnya.

Di sisi jabatan nya. kades Mamat Rohmat ingin hujudkan impiannya untuk memiliki mobil Siaga Desa. kendaraan itu, katanya akan bermanpaat untuk mobilisasi perangkat Desa dan kepentingan Warga,” selain itu ingin membangun Masjid, setidaknya kita punya mushola untuk ibadah. minimal itu menjadi nila ibadah seandinya telah berhenti jadi Kades,” imbuhnya lagi sertai tawa kecilnya.

Mamat Rohmat mengaku awalnya tidak terpikirkan untuk menjadi kepala Desa. selepas lulus sekolah, ia malah tertarik bekerja di pabrik Tekstil. Berjalan hingga 15 tahunan. sekitar tahun 1990-an, pilih kerja lain di salah satu hotel di kota Bandung. Berjalan selama 13 tahunan. pulang kampung tahun 2003 menggeluti wirausaha. Atas desakan masyarakat, Mamat Rohmat naik kepanggung pilkades, ternyata terpilih. Pada 19 juli 2012 di lantik untuk periode pertama jadi kades cimarias. karena dianggap berhasil membangun desa, karena dianggap berhasil membangun desa, ia terpilih kembali menjadi Kades Cimarias. ( Tatang T)