Parlementaria

Siti Muntamah : Dalam Dunia Pendidikan Perempuan Memiliki Peran Penting.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Berkaitan dengan perkembangan zaman yang semakin waktu terus mengalami perubahan, masyarakat sekarang membutuhkan peran perempuan disegala aspek, baik itu sosial ekonomi ataupun pendidikan. Hal ini disebabkan karena adanya tuntutan bangsa-bangsa dan atas masyarakat global bahwa adanya kemajuan suatu bangsa ditentukan dari bagaimana bangsa tersebut memperlakukan perempuan, peduli dan memberi akses yang seluas-luasnya bagi perempuan untuk beraktifitas dan ikut membangun bangsa.

Di Indonesia, kepedulian terhadap eksistensi dengan perempuan adalah dengan adanya interuksi dari Presiden RI yaitu No. 9 Tahun 2000 mengenai “Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional”. Tujuan dan strategi pengarusutamaan gender (PUG) adalah agar mencapai kesetaraan dan keadilan gender, dengan melalui kebijakan dan program yang melihat dari pengalaman, kebutuhan,aspirasi, dan permasalahan perempuan maupun laki-laki dalam kebijakan di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.Hal ini dikatakan Hj.Siti Muntamah Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

 

Di Indonesia sendiri pada beberapa decade terakhir Ini telah muncul sebuah kesadaran baru tentang pentingnya emansipasi dari perempuan, dalam Kabinet pemerintah pun terdapat menteri yang memiliki tugas khusus dalam membidangi peranan perempuan, bahkan sejak pemerintahan Orde Baru. Hal ini menandakan peran penting perempuan dalam berbagai bidang, ditengah pemasalahan sosial, politik, ekonomi dan pendidikan ucapnya.

Lebih jauh, Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hj.Siti Muntamah Dapil Jabar I (Kota Bandung-Kota Cimahi)  mengatakan Dalam permasalahan dan banyak perbincangan public pada era modern saat ini ternyata perjuangan persamaan gender yang telah lama disuarakan, secara kenyataaannya menunjukan mengenai peran perempuan dalam perspektif persamaan hak dan kedudukan dengan lelaki telah semakin maju dan berkembang pesat. Hal ini muncul dan didasari karena adanya kesadaran dari para perempuan itu sendiri mengenai arti penting pendidikan bagi masa depan umat manusia khususnya perempuan, baik itu dalam menghadapi persaingan kerja dan karir yang sama dengan laki-laki.

Dalam dunia pendidikan perempuan memiliki peran yang sangat penting. Banyak orang yang memiliki persepsi bahwa dalam dunia pengetahuan adalah milik kaum adam.Seolah kaum wanita tidak memiliki peran apa-apa dalam bidang ilmu pengetahuan. Padahal yang kita tahu melihat dari sejarah banyak sekali wanita yang berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Karena pada dasarnya definisi pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan oleh individu-individu baik itu laki-laki maupun perempuan untuk melaksanakan nilai-nilai, kebiasaan-kebiasaan, serta bentuk ideal kehidupan dalam
melaksanakan kehidupan yang lebih efektif  jelasnya.

Perempuan memiliki peran yang sangat penting. Bukan hanya diwajibkan untuk menjadi seorang ibu perempuan juga bisa bekerja, tidak sedikit perempuan yang mengambil dua profesi yaitu sebagai ibu rumah tangga dan perkerjaan yang lain.

Yang baik ialah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya agar mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan,akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, dan masyarakat bangsa dan
Negara. Untuk itu peran perempuan dalam dunia pendidikan sangat penting Pungkas Hj.Siti Muntamah. (AP)