Parlementaria

H.Ruhyat Nugraha : Cuaca Ekstrim, Pemerintah Harus Sigap

Kabupaten Bogor.Swara Jabbar Com.-Banyaknya kejadian bencana di sejumlah daerah Jawa Barat, membuat Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat H.Ruhyat Nugraha meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) sigap. Pasalnya, dengan memasuki musim penghujan yang sedang berlangsung banyak bencana yang terjadi. Mulai dari Longsor, banjir, cuaca ektrim yang tentunya perlu perhatian pemerintah.

“Ada Beberapa hal yang perlu mendapat respon dari Pemprov Jabar terkait dengan mulai memasuki musim hujan mulai banyak terjadi longsor, banjir dan lainnya. Cuaca ektrim juga perlu perhatian kesigapan Dinas Kebencanaan Dalam memberikan respon cepat kepada korban terdampak, “jelas Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H.Ruhyat Nugraha dari Dapil Jabar VI (Kabupaten Bogor).

Beberapa waktu lalu terjadi banjir rob di Rancabuaya, Kabupaten Garut, Kamis (14/3/2024). Perlu penanganan bencana berjalan optimal.H.Ruhyat Nugraha mengimbau kepada nelayan, terutama di wilayah pantai selatan Jabar, untuk tidak melaut sampai 20 Maret 2024 karena kondisi gelombang tinggi masih berpotensi terjadi.

“Jadi disarankan oleh BMKG itu sampai tanggal 20 (Maret) disarankan tidak melaut. Tapi melihat lagi kondisi setelah itu. Apakah boleh, karena yang pertama adalah keselamatan, nanti kita lihat lagi sudah aman untuk melaut atau belum,” ucap H.Ruhyat.

Banjir rob tersebut mengakibatkan ratusan kapal nelayan rusak. Untuk membantu penarikan kapal ke tempat aman. (AP)