Parlementaria

DPRD Jabar Minta Smart Fishing Tepat Sasaran

Bandung.Swara Jabbar Com.-Pekan ini, telah dilaksanakan raker Komisi II DPRD Jabar bersama Dinas Perikanan dan Kelautan ( DKP) Jabar. Dari raker tersebut,satu program yang diunggulkan DKP Jabar, yaitu Smart Fishing menjadi atensi dari pihak DPRD Jabar melalui Komisi II.

Hal itu, diungkapkan Sekretaris Komisi II DPRD Jabar, Yunandar Eka Prawira.

Perihal Smart Fishing, ungkap Yunandar dari penjelasan pihak DKP Jabar merupakan program unggulan.

Smart Fishing, selama tahun 2021, telah disebar sebanyak 158 unit, dengan sebaran 81 unit di Pangandaran, 47 unit di Subang dan 30 unit di Indramayu.

Smart Fishing, diakui merupakan program unggulan, namun perlu dilakukan evaluasi. Hal ini didasarkan atas pertimbangan seluruh program di DKP Jabar, termasuk smart Fishing harus memberikan manfaat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah.

Hal yang dinilai penting, program yang dibuat oleh DKP Jabar harus memberikan manfaat yaitu meningkatnya kesejahteraan para pelaku usaha di sektor perikanan, diantaranya nelayan.

Indeks kesejahteraan petani sub sektor perikanan, yang diukur dengan Nilai Tukar Petani (NTP) yang dilaporkan oleh pihak DKP Jabar mencapai 107, 97 semoga saja membawa peningkatan kesejahteraan untuk nelayan secara luas.

Sementara itu, dalam raker tersebut, anggota Komisi II DPRD Jabar, Yuningsih mengatakan Smart Fishing harus dilaksanakan tepat sasaran.

Untuk kepentingan tersebut, perlu ada pengawasan yang kontinyu dari pihak DKP Jabar. Melalui pengawasan yang rutin, alat yang sudah disebar tidak ada yang hilang. (die)