Parlementaria

Anggota Komisi II DPRD Jabar Tia Fitriani Ke Pasar Soreang, Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Bandung.Swara Jabbar Com.-DPRD Provinsi Jawa Barat melalui Komisi II memantau langsung harga kebutuhan pokok di sejumlah daerah untuk mengetahui harga maupun ketersediaan stok barang pokok tersebut saat Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah.
Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Dra Hj Tia Fitriani, mengatakan komisi II bersama mitra kerja, yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, akan terus memastikan ketersediaan berbagai bahan kebutuhan pokok di Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Tia Fitriani Anggota DPR Jawa Barat dapil Kabupaten Bandung Ini mengatakan harga kebutuhan pokok sudah biasa naik menjelang Ramadan atau Idul Fitri. Dengan memastikan stok barang, ucapnya, harga pun dapat lebih terkendali.

“Kami melakukan sidak ke pasar saat Ramadan. Biasanya di tingkat pengecer terkendala pendistribusian, yang membuat peningkatan harga. Komisi II DPRD Jabar akan kawal masalah di pasaran itu,” kata Tia saat sidak pasar sehat Soreang, Rabu (13/4/2022).

Ia mencontohkan sejumlah komoditas yang kerap naik pada saat hari besar keagamaan adalah bumbu seperti cabai dan bawang, sampai sumber protein seperti daging ayam dan sapi.

Politisi Perempuan Partai NasDem mengatakan memang selalu ada oknum yang bermain di distribusi kebutuhan pokok ini. Tentunya masalah ini hanya bisa diselesaikan dengan aparat penegak hukum.
“Kami di Komisi II berusaha ikut menjaga ketersediaannya, supaya tetap ada, supaya harga bisa ditahan stabil. Kami pun berupaya meningkatkan daya beli masyarakat supaya masalah ini tidak menjadi tarik-menarik,” katanya.
Ia berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa melaksanakan operasi pasar murah untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok.

“Segera laksanakan OP (operasi pasar) untuk masyarakat karena saya yakin itu akan sangat membantu sekali warga,” ujarnya. (AP)