Parlementaria

Pasar Jantung Perekonomian Masyarakat

Bandung.Swara Jabbar Com.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Tia Fitriani menyambut baik Pasar Rakyat Jabar Juara di Baleendah yang diresmikan oleh Gubernur Rdwan Kamil.
Keberadaan Pasar Rakyat Jabar Juara dengan karakteristik khas, dirinya optimis pasar rakyat di Kabupaten Bandung akan tetap eksis dan mampu bersaing dengan pasar modern.

“Berbeda dengan pasar modern, pasar rakyat memiliki keunggulan yaitu interaksi yang intensif antara pedagang dan pembeli, belum lagi tradisi tawar menawarnya. Ini karakteristik yang tidak boleh dihilangkan,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan pasar rakyat bukan semata-mata urusan ekonomi, namun lebih jauh mencakup isu ruang dan relasi sosial, warisan dan ranah budaya, sekaligus peradaban dan nilai histori yang sudah melekat sejak lama.

“Tak hanya sebagai pondasi perekonomian nasional, pasar juga merupakan salah satu jantung perekonomian masyarakat. Kedudukannya pun masih tetap penting dan sudah melekat dalam kehidupan masyarakat kita,” ujarnya.

Keberadaan Pasar Rakyat di Baleendah ini terus berkembang. Komoditas harganya terjangkau, tetap bersih, rapih dan dikelola secara profesional, Pasar Rakyat ini jadi pondasi ekonomi. Pasar di Baleendah ini bisa jadi percontohan sehingga pasar tradisional mampu bangkit dan sejahtera tandasnya.
Meski perdagangan di era digital saat ini bisa dilaksanakan di mana pun, tetapi pasar perlu dipertahankan karena memberikan banyak manfaat tutupnya. (AP)