Regional

Puskesmas Payungsari Ciamis Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Kab Ciamis.Swara Jabbar Com.-Pusat Kesehatan Masyarakat, disingkat Puskesmas, adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
 
Puskesmas didirikan di tiap kecamatan. Tiap kecamatan biasanya memiliki satu Puskesmas. Namun, jika jumlah penduduk dan kebutuhan akan pelayanan kesehatan terbilang besar, maka dapat didirikan lebih dari satu Puskesmas dalam satu kecamatan.
 
Puskesmas Payungsari terletak di Jl. Raya Payungagung No.102, Payungagung, Kec. Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46263.
Ada 3 fungsi pokok puskesmas, yaitu: Sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayahnya. Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat. Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya.
 
Puskesmas Memiliki 4 fungsi yaitu Pelayanan kesehatan lingkungan; Pelayanan kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana; Pelayanan gizi; dan. Pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit.


Keberadaan Puskesmas Payungsari yang bersih sejuk.begitu juga pelayanan yang sangat bagus.

Kepala Puskesamas Payungsari H.Tatang Koswara didampingi H.Gaga Nugraha Kasubag TU Puskesamas Payungsari saat di temui di ruang kerjanya menuturkan Adanya pelayanan kerio trafy dan USG untuk masyarakat yang memerlukannya tandas H.Tatang Koswara. Jum’at (5/8/2022).
Pelu diketahui USG merupakan metode pemeriksaan untuk mengetahui penyebab keluhan yang dialami pasien. Selain untuk keperluan diagnosis, pemeriksaan ini juga bisa dilakukan untuk memantau perkembangan janin dan skrining rutin untuk mendeteksi penyakit tertentu secara dini pungkasnya. (Zenal)