Parlementaria

Nia Purnakania Mendorong Infrastruktur Menuju PIAMARI Segera Perbaiki

Pangandaran.Swara Jabbar Com.-Fraksi PDI Perjuangan Jawa Barat mendorong pemerintah pusat untuk memerhatikan pusat penelitian kelautan dan perikanan yang berada di kawasan Pelabuhan Cikidang, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Pasalnya, tempat yang bernama Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (PIAMARI) sejak dibangun 2017, tak kunjung beroperasi atau dibuka untuk umum

Terkait hal tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Nia Purnakania memandang, infrastruktur yang belum baik, utamanya di akses menuju lokasi, menjadi salah satu kendala tempat ini belum tertata, bahkan dikenal masyarakat. Oleh karena itu, dirinya mendorong agar jalur menuju lokasi diperbaiki.

“Seperti kita lihat tadi, akses menuju ke lokasi cukup sulit. Untuk jalan raya sudah bagus, sementara untuk akses menuju PIAMARI ini masih butuh banyak perbaikan,” ucap Nia.

Politisi Perempuan PDI Perjuangan Nia Purnakania mengharapkan, PIAMARI ini tak hanya menjadi pusat riset dan edukasi, namun bisa dinikmati oleh masyarakat banyak. Oleh karena itu, dirinya mendorong tempat ini lebih diperindah untuk menarik masyarakat umum dan wisatawan.

“Mungkin bisa ditambah ornamen-ornamen yang menarik juga sarana prasarana untuk mendukung penelitian dan merawat ikan-ikan yang ada di tempat ini,” tutup Nia.

Main Aquarium merupakan akuarium utama berair asin yang dimiliki oleh PIAMARI. Akuarium yang juga disebut sebagai Theatre Aquarium ini memiliki tinggi mencapai 4,2 meter, lebar 10 meter, dan panjang 32.5 meter.

Terdapat beberapa jenis biota yang menempati main aquarium, diantaranya ikan pari burung, ikan hiu bambu, ikan botana, penyu lekang, dan penyu sisik. Terdapat juga beberapa ikan yang sering dikonsumsi seperti ikan bandeng dan ikan bawal.(AP)