Parlementaria

Pemekaran Kabupaten Bogor Sangat Mendesak

Bogor.Swara Jabbar Com.-Pemekaran Kabupaten Bogor sudah mendesak segera untuk dilaksanakan. Alasanya jumlah penduduk terus bertambah dan demi pelayanan publik yang harus prima

Dengan kondisi tersebut, Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yat berharap pemerintah pusat segera mencabut Moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Kami menyayangkan hingga kini pemerintah pusat tak kunjung mencabut moratorium dalam rangka pemekaran Kabupaten Bogor Barat dari Kabupaten Bogor, ” katanya.

Pemekaran Kabupaten Bogor menurut Achmad Ru’ya, saat ini kebutuhannya sangat mendesak lantaran jumlah penduduk di daerah tersebut sudah sangat banyak. Terlebih, Pemprov Jabar dan Pemkab Bogor sepakat untuk mendukung Kabupaten Bogor Barat otonom.

“Saya mendesak agar pemerintah pusat segera mencabut moratorium, karena Kabupaten Bogor ini kabupaten yang terpadat se-Indonesia. Penduduknya hampir enam juta dan potensi yang ada sangat potensial untuk pemekaran Bogor barat,”katanya.

Terlebih Kabupaten Bogor Barat masuk dalam daerah satelit penyangga ibu kota DKI Jakarta, yang seharusnya dari segi pelayanan dapat mendukung kebutuhan kawasan pemerintah pusat.

Ahmad Ru’yat merinci, pemekaran Kabupaten Bogor yakni untuk mendekatkan pelayanan masyarakat dengan ibukota. Kajiannyapun sudah menunjukan hasil yaitu perubahan cepat di Cigudeg. Kedua, disamping mendekatkan lalu mempercepat pembangunan. Ketiga, agar pembangunan berbasis desa, jadi jangan hanya di pusat-pusat kota, tapi juga desa dengan ada kebijakan anggaran yang lebih baik,” pungkasnya. (die)