Parlementaria

Hj.Elin Suharliah Mendorong Seluruh Desa di Jabar Menjadi Desa Mandiri

Bandung.Swara Jabbar Com.-Desa Mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik.

Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Hj.Elin Suharliah mengungkapkan desa sebanyak 72 persen penduduk Jawa Barat tinggal di desa.Kita ketahui desa merupakan ujung tombak terdepan dalam pembangunan masyarakat.

Desa sebagai entitas terdepan dalam pembangunan sehingga harus didorong pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan diyakini mampu menanggulangi kemiskinan di desa,” ujarnya.

DPRD Jabar, kata dia, selalu mendorong peningkatan status desa dari berstatus Sangat Tertinggal, Desa Tertinggal ke Desa Mandiri.

Legislator PDI Perjuangan Dapil Jabar III (Kabupaten Bandung Barat) Hj.Elin Suharliah mengatakan Desa mandiri ialah desa yang tidak bergantung terhadap bantuan serta memiliki kontribusi dalam pembangunan Jawa Barat. Desa yang mampu mengedepankan potensi lokal, memiliki ketahanan dalam menjaga daya dukung lingkungan serta berdaya saing tinggi,” ujarnya.

Pemprov Jawa Barat sendiri telah memberikan 398 mobil Maskara kepada sejumlah desa mandiri. Rencananya pada tahun 2023 ini, akan ada 75 mobil Maskara lainnya yang akan dibagikan kepada desa-desa di Jawa Barat.

Mobil Maskara ini, kata dia, sangat multifungsi dan multiguna, bisa dimanfaatkan apa saja tergantung kebutuhan masyarakat di daerah tersebut seperti untuk panggung acara, mengantar orang sakit dan sebagainya.

“Mari terus menjaga semangat para Kades untuk tetap produktif dan inovatif mengingat pentingnya peran pemerintahan desa dalam pembangunan,” tandas Hj.Elin Suharliah. (AP)