Regional

KADES 3 KALI JABATAN LAYAK DAPAT TUNJANGAN

Sumedang, Swara Jabbar.Com.-Sedikitnya ada 10 Kepala Desa di Kabupaten Sumedang sedang jalani jabatan kades ubtuk ketiga kalinya. Secara aturan, mereka tidak bisa lagi ambil bagian dalam pencalonan kades. Lantas, rencana-rencana apa saja ketika mereka tuntas dari jabatan kadesnya ?

” Ah, nya paling abdi mah istirahat we, Pak. Tos capek,” kata Adang Budiman, Kades Darmaraja. Sedanggkan bagi Rudi Bastaman, Kades Cijeruk, masih belum terpikirkan untuk mencalonkan wakil rakyat. Hj Titi, Kades Cisalak, katanya mungkin saja akan kembali ke bisnis sebelum jadi kades, jualan beras.

Ditemui Swara Jabbar secara khusus, Kades Cihanjuang tiga periode jabatan, Yuyus Yusup,S.Sy, mengungkapkan sudah saatnya bagi penerintah untuk memperhatikan para kades yang telah tiga periode jabatan,” Minimal, ada tunjangan khusus di akhir jabatannya,” kata Yuyus.

Sebab, kata Yuyus, tidak mudah untuk mengukir tiga periode jabatan itu,” Selama kurun waktu jabatan tadi, telah berapa banyak mereka berbuat untuk warganya. Ya, tidaklah berlebihan bila penerintah nyisihkan anggaran khusus bagi mereka. Anggaplah kado dari pemerintah buat mereka,” pungkasnya. (Tatang Tarmedi / Arpha, SE)