Parlementaria

Elin Suharliah : Pentingnya Keterwakilan Perempuan.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Meningkatnya keterwakilan perempuan di parlemen dalam hal ini DPRD tentunya perempuan bisa memiliki peran yang strategis dalam penguatan fungsi dan pembentukan Peraturan Daerah (Perda) melalui kebijakan atau perangkat atauran yang lebih responsif gender.

 

Berperan juga terhadap fungsi penganggaran DPRD yang berpihak pada perlindungan perempuan dan kesetaraan gender.

 

Termasuk optimalisasi fungsi pengawasan agar kebijakan penganggaran sesuai dengan target yakni, terwujudnya kesetaraan gender. Hal ini dikatakan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Hj.Elin Suharliah.

 

Lebih juah Legislator PDI Perjuangan H.Elin Suharliah Dapil Jabar III (Kabupaten Bandung Barat) menuturkan “Hadirnya perempuan di parlemen berpengaruh positif terhadap kebijakan, khususnya isu kesetaraan gender. Laki-laki dan perempuan tentu berbeda dalam memutuskan sebuah keputusan dan kebijakan. Perempuan justru lebih menyeluruh (akomodatif),” jelasnya.

 

Masyarakat bisa memahami terkait pentingnya keterwakilan perempuan. Diharapkan juga bisa membuat masyarakat (khususnya perempuan) tidak anti politik, memotivasi perempuan untuk aktif di politik, masuk ke partai politik dan bergabung menjadi calon legislatif yang akhirnya menjadi anggota parlemen”.

 

Keterwakilan perempuan di parlemen bisa meningkat dengan syarat adanya jaminan perlindungan terhadap hak keterwakilan perempuan di parlemen sebagaimana telah dijamin oleh konstitusi, dan harus ditindaklanjuti di tingkat peraturan perundang-undangan serta di bawahnya. Pungkas Hj.Elin Suharliah.(AP)