Parlementaria

H.Aep Nurdin : Desa Wisata Bisa Mendongkrak Perekonomian.

Kab Bandung Barat.Swara Jabbar Com.-Desa wisata merupakan sebuah konsep pengembangan daerah yang menjadikan desa sebagai destinasi wisata. Pengelolaan seluruh daya tarik wisata yang tepat diharapkan dapat memberdayakan masyarakat desa itu sendiri.

Sejalan dengan tujuan pembangunan kepariwisataan, Pemerintah mengembangkan desa wisata yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan. Hal ini dikatakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PKS H.Aep Nurdin.

Lebih jauh Legislator PKS Dapil Jabar III (Kabupaten Bandung Barat) H.Aep Nurdin menuturkan Pengembangan Desa Wisata memiliki tujuan dalam menjadikan desa sebagai sebuah destinasi pariwisata dengan cara memadukan daya tarik wisata alam dan budaya, layanan fasilitas umum pariwisata, serta aksesibilitas yang memadai dengan tata cara dan tradisi kehidupan masyarakat desa ujarnya.

H.Aep Nurdin yang duduk di Komisi III  DPRD Jabar menegaskan Dalam membangun desa wisata, terdapat 3 komponen yang perlu diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.Kondisi desa  yaitu Untuk mengetahui potensi wisata, pihak desa perlu memiliki basis data yang jelas mengenai kondisi desa dan bagaimana ekosistem yang dapat mendukung lokasi wisata nantinya, Keadaan masyarakat dan struktur organisasi.Dalam pengembangannya, desa wisata diharapkan dapat dikelola oleh masyarakat desa itu sendiri. Penyusunan organisasi untuk mengelola desa wisata dan kesiapan masyarakat dalam mengelola desa sangat diperlukan agar desa wisata dapat berkembang dengan optimal, Konsep desa wisata yang unik.Konsep desa wisata yang unik akan memberikan penilaian yang berbeda dibandingkan dengan daerah lain tuturnya.

Pengembangan desa wisata diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk percepatan pembangunan desa terpadu untuk mendorong kesejahteraan masyarakat di dalamnya. Desa wisata yang telah maju nantinya akan memberikan efek domino berupa peningkatan kualitas lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan kelestarian budaya Pungkas H.Aep Nurdin.(AP)