ParlementariaUncategorized

Tia Fitriani Raih Penhargaan Pemerhati Penyandang Disabilitas.

Bandung.Swara Jabbar Com.-Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 tingkat provinsi, Pemprov Jawa Barat (Jabar) memberi penghargaan bagi sejumlah pihak yang telah memberdayakan disabilitas, acara tersebut diselenggarakan di Halaman Depan Gedung Sate Ji. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Sabtu (16/12/2023)

Kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 yang digelar di halaman Gedung Sate Kota Bandung ini mengusung tema “Disabilitas Berdaya Pembangunan Berkelanjutan untuk Semua”.

Hadir dalam kegiatan ini, Pj Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Ida Wahida Hidayati, Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat, Pj Bupati Kab Bandung, Pj Bupati kab Subang , Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman, Anggota Komisi II DPRD Jabar Tia Fitriani, para Pemerhati Disabilitas, Lembaga dan juga Perusahaan.

Anggota DPRD Jabar Tia Fitriani selaku pribadi pada kesempatannya mendapatkan penghargaan dari Pemprov Jabar selaku pemerhati penyandang disabilitas.

Dalam kesempatan sambutan yang diberikan kepada Tia Fitriani pada acara tersebut, ia mengatakan”,Ini adalah kesempatan yang luar biasa, saya mewakili rekan-rekan dari DPRD provinsi Jawa Barat, pada kesempatan ini juga turut bangga dengan kegiatan yang tidak hanya sekedar seremonial belaka, tadi saya sempat berjalan jalan ke stan kegiatan, dimana dalam kesempatan ini juga diberikan kesempatan para disabilitas ini untuk menggelar produk produk yang mereka hasilkan”,katanya.

“Kebetulan tadi saya memborong produknya untuk memberikan semangat untuk teman-teman disabilitas, karena ini kesempatan yang luar biasa dimana kita akan saling suport dan saling membantu bahwa disabilitas ini bukan kaum yang ingin dikasihani tapi mereka ingin diberikan kesempatan yang sama di semua bidang kehidupan ini dan mereka adalah figur-figur yang luar biasa yang memang mampu untuk tetap berkarya nyata itu yang kami rasakan ketika kami langsung berinteraksi dengan mereka”,ungkapnya.

Lanjut Tia Fitriani “Mereka ini adalah figur figur contoh nyata yang masih mau berjuang mau berdiri sendiri di atas kaki sendiri mau berupaya maksimal untuk menjadi pribadi yang tetap berkarya nyata untuk itu mereka hadir menunjukan yang terbaik di hari disabilitas internasional ini,”ungkapnya.

“Saya yakin Pemprov Jabar beserta semuanya akan terus berusaha menjadikan Jawa Barat ini ramah disabilitas dan juga akan memberikan yang terbaik bagi disabilitas kita, sehingga disabilitas kita akan menjadi ikon yang luar biasa bahwa mereka adalah pribadi yang perlu kita apresiasi”, tutur Politisi perempuan dari fraksi Nasdem ini.

Penghargaan pada Hari Disabilitas Internasional 2023 Pada kesempatan tersebut, Pemprov Jabar juga memberikan penghargaan kepada 18 instansi atau perseorangan dengan beberapa kategori, yaitu pemerintah kabupaten kota yang aktif mendorong kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas, perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas, perusahaan yang memberikan akses disabilitas.

Penghargaan juga diberikan kepada penyandang disabilitas berprestasi, pegiat penyandang disabilitas, pemerhati penyandang disabilitas, penyelenggara pendidikan formal dan nonformal ramah disabilitas.

Selain itu juga digelar pameran pelayanan administrasi kependudukan dan konsultasi kesehatan diisi oleh Disdukcapil Jawa Barat, Dinas Kesehatan Jabar, dan diisi pula oleh stan dari UMKM penyandang disabilitas serta organisasi penyandang disabilitas.

Berikut penerima penghargaan di Hari Disabilitas Internasional 2023 tingkat Jawa Barat:
Kategori juara Lomba Baca Al-Quran Braille
1. Juara 1 M. Reval Gumilar
2. Juara 2 Salma Nur Asyifa
3. Juara 3 Abdu Rokhim

Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota yang Aktif Mendorong Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Disabilitas:
1. Bupati Bandung
2. Pj. Bupati Kuningan
3. Bupati Subang

Kategori Perusahaan yang Mempekerjakan Disabilitas Sesuai UU Nomor 8 Tahun 2016:
1. PT. Feng Tay Indonesia Enterprises
2. PT. Changshin Reksa Jaya

Kategori Perusahaan yang Memberikan Kemudahan Aksesibilitas dan Fasilitas Ketenagakerjaan bagi Penyandang Disabilitas:
1. PT. KAI

Kategori Penyandang Disabilitas Berprestasi:
1. Indra Yoga (Cabang Olahraga Catur)
2. Indah Khoirunisa (Cabang Olahraga Atletik)
3. Zaenal Arifin (Qori)
4. Firda Indira Yufi Lestari (Qoriah)

Kategori Pegiat Penyandang Disabilitas:
1. Supriatna Gumilar.

Kategori Pemerhati Penyandang Disabilitas:
1. Hj. Eli Nastiti
2. Dra. Hj. Tia Fitriani.

Kategori Pegiat dan Pemerhati Penyandang Disabilitas:
1. Al-Islamabad

Kategori Penyelenggara Pendidikan Non Formal Ramah Disabilitas:
1. Pesantren Tahfidz Tunanetra Ma’had Sam’an Darushudur
2. Kayu Manis Foundation;
3. Rumah Amal Salman.

Kategori Penyelenggara Pendidikan Formal Ramah Disabilitas:
1. Politeknik Pariwisata NHI Bandung.